Opinion

Wake -Up Call?!

Hai guys.
Apa kabar?

Mungkin post aku kali ini akan beda dari post opini aku yang sebelumnya. Aku hari ini mau ngomongin radikalisme di Indonesia dan dampaknya terhadap negara kita. Tadinya aku gak mau ngomongin ataupun nulis tentang ini, tapi dengan kejadian bom kampung Melayu kemarin I have the urge untuk menulis soal dampak radikalisme dan terorisme di Indonesia, apalagi mengingat situasi yang semakin memanas di negeri kitz tercinta ini.

Kemarin, hari Rabu malam 24 Mei 2017, teror bom kembali menerpa Jakarta. Kali ini  ledakan bom terjadi di terminal daerah Kampung Melayu, Jakarta Timur. akibatnya, tiga orang polisi gugur dan dua orang yang diduga pelaku tewas, serta 10 orang lainnya luka-luka. Malam itu, para anggota Polri sedang melakukan tugas pengamanan di sekitar lokasi yang sedang ada kegiatan pawai masyarakat menjelang bulan suci Ramadhan. ledakan terjadi di lokasi yang padat oleh aktivitas masyarakat karena menjadi halte koridor penghubung bus transjakarta dan terminal angkutan umum.

Dan ini infografis yang aku dapet mengenai berbagai kasus terorisme di Indonesia :

chmffwnukaathpy

Teror yang terjadi entah kesekian kalinya ini membuatku nggak habis pikir. kenapa? di tengah situasi Jakarta dan warganya yang masih ‘terbelah’ akibat pilkada DKI kemarin, tentu teror bom ini mengagetkan kita semua. Kita nggak bisa lengah dengan serangan teror semacam ini, karena ada hal yang lebih besar yang perlu diwaspadai, yaitu aksi terorisme yang bisa menghancurkan sebuah bangsa, seperti yang sudah (dan sedang) terjadi di Suriah dan Irak.

Dengan serangan teror bom kampung Melayu yang hanya berlangsung setahun setelah bom Sarinah tahun 2016, ini harusnya bisa menjadi semacam ‘wake up call’ atau ‘alarm tanda bahaya’ untuk Indonesia bangkit dan bersatu melawan segala bentuk terorisme dan radikalisme. Karena radikalisme dan terorisme, apapun bentuknya, tidak mengenal agama, keyakinan politik, etnis, dan kesukuan, sehingga siapapun bisa menjadi korban teror. Teror bom kampung Melayu ‘memukul’ kesadaran kolektif kita sebagai bangsa, bahwa gerakan teror dan radikalisme masih begitu lekat dan dekat dengan keseharian kita,dan ini adalah ancaman yang nyata. Nyata bagi masyarakat dan generasi muda kita. Nyata bagi kebhinekaan dan persatuan di Indonesia. Karena jika generasi muda kita dijejali ideologi seperti ‘bunuh, bunuh, bunuh’, dan diajarkan untuk membenci sesamanya hanya karena perbedaan agama, menurutku ini seperti memasang semacam bom waktu yang bisa meledak kapanpun dan dimanapun. kebencian bisa menjadi bom waktu yang sewaktu-waktu bisa meledak tanpa ter-prediksi. Dan jangan sampai juga gerakan teror memanfaatkan situasi Jakarta yang masih terbelah dan semakin menggerus kecintaan kita pada bangsa dengan memakai ideologi baru yang sesat. Kita tidak rela jika aksi teror merenggut persatuan kita sebagai bangsa Indonesia.

Inilah saatnya bagi kita semua untuk bertindak dan bersatu melawan terorisme dan radikalisme. waktunya kita untuk menghentikan segala pertikaian, perselisihan, dan permusuhan yang telah melenakan dan melemahkan kita pada musuh kemanusiaan yang sebenarnya: terorisme! Kenapa? Karena dengan situasi masyarakat yang masih berkonflik akan memudahkan gerakan terorisme dan radikalisme untuk menyebarkan ideologi dan menjalankan aksi-aksinya. Pastinya kita ngga mau dong, kalau terorisme dan radikalisme makin merajalela? menurutku, untuk membasmi teror dan radikalisme perlu adanya ‘breakthrough’ dalam pendidikan karakter di negeri kita. pemerintah juga harus bertindak tegas. Dan anggota masyarakat harus bisa saling menghormati dan saling menghargai. Juga kita semua harus bersatu untuk melawan radikalisme dan terorisme untuk Indonesia dengan Bhinneka Tunggal Ika -nya. Setuju?

Lots of love,

Advertisements

2 thoughts on “Wake -Up Call?!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s