Opinion

Animal Welfare di Indonesia

Hai guys.. Hari ini aku mau nulis soal animal welfare, terutama di Indonesia. Mungkin disini kalian ada yang bertanya-tanya, apa itu animal welfare? animal welfare adalah prinsip untuk mengusahakan hewan di sekitar kita untuk dapat hidup normal alami, sehat dan bugar, serta bahagia. dan ada 5 prinsip dasar dalam konsep animal welfare, yaitu : bebas dari lapar dan haus, bebas dari ketidaknyamanan, bebas dari rasa sakit dan penyakit, bebas mengekspresikan perilaku alami, dan bebas dari rasa takut dan tekanan.

Semua berangkat dari keresahan aku ketika membaca berita tentang Melani, harimau Sumatera di Kebun Binatang Surabaya yang kurus kering, bahkan akhirnya mati setelah diselamatkan dari Kebun Binatang Surabaya. berita lengkapnya bisa kalian baca di sini. kasus ini memang sudah lama, tapi berita ini sempat menjadi viral. Terus, apa kalian masih ingat kasus penyelundupan 21 ekor burung kakak tua jambul kuning pada tanggal 4 mei 2015 yang digagagalkan oleh Polsek Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya? Puluhan burung cantik endemis Papua ini dimasukkan ke dalam botol air mineral, dibawa dari Papua untuk diperjual belikan di pulau Jawa melalui perjalanan laut. Baik media cetak, televisi dan internet ramai membahasnya. Berbagai gerakan bermunculan, para aktivis dan netizen penyayang hewan menyerukan Selamatkan si jambul kuning #savesijambulkuning. selain itu, juga ada kasus mengenai video footage tentang beruang madu yang kelaparan di Kebun Binatang Bandung. berita lengkapnya bisa kalian baca di sini. penganiayaan hewan di Indonesia tidak hanya dialami oleh hewan seperti Harimau Sumatera, Burung Cederawasih dan Beruang Madu aja, teman-teman. Bahkan ada juga yang tega menyiksa hewan peliharaannya sendiri. baru-baru ini, beredar video penyiksaan anjing di daerah Kebon Jeruk, Jakarta Barat yang went viral. seekor anjing yang bernama Bruno disiksa dengan cara dipukuli, dicekik dan dilempar oleh pemiliknya. Berita selengkapnya bisa kalian baca di sini. Menurutku semua kasus yang aku sebutkan ini sudah bisa dikategorikan ke dalam animal abuse.

Indonesia, sebagai negara yang kaya akan keanekaragaman hayati, terutama flora dan fauna seharusnya menerapkan dan memperketat pelaksanaan konsep animal welfare di setiap lapisan, mulai dari perlindungan hutan, satwa hingga perlindungan untuk hewan domestik. Kenapa? agar satwa di Indonesia bisa lebih terjamin kesejahteraanya dan agar spesies hewan-hewan yang masuk dalam kategori langka nggak punah. Menurut aku nih ya, yang Indonesia butuhkan itu adalah reformasi di bidang animal welfare. Memang ada UU yang mengatur soal perburuan hewan dan juga animal welfare, bahkan Indonesia juga punya UU yang mengatur tentang penyiksaan terhadap hewan peliharaan, tapi kenyataannya di lapangan, hukum animal welfare tidak selalu dijalankan dengan baik dan tegas. Kalau perlu, pemerintah bisa meng-amandemen beberapa UU yang berhubungan langsung dengan animal welfare dengan tujuan untuk memperberat hukuman untuk pelaku yang terbukti melakukan penyiksaan terhadap hewan. Menurutku, peran pemerintah belum terlihat nyata di sini. sebenarnya, aku mengerti, sih. Karena negara kita masih negara berkembang yang punya banyak issue yang lebih mendesak seperti pemberantasan korupsi, pembangunan yang belum merata, masalah infrastruktur, dan lain sebagainya. tapi seharusnya pemerintah juga peduli soal issue animal welfare ini, karena berhubungan langsung dengan keanekaragaman hayati yang dimiliki oleh negara kita tercinta ini.

Malahan, yang aku amati sejauh ini, justru lebih banyak NGO (Non-Governmental Organization) seperti WALHI (Wahana Lingkungan Hidup Indonesia), Greenpeace, WWF dan organisasi lainnya yang aktif menyuarakan campaign untuk animal welfare di Indonesia. Selain organisasi yang aku sebutkan di atas, di skala hewan domestik, ada GSI (Garda Satwa Indonesia) dan JAAN (Jakarta Animal Aid Network) yang justru aktif terlibat dalam campaign untuk penyelamatan stray dogs and cats, kemudian hewan-hewan tersebut diobati, kemudian ditampung di dalam shelter untuk di-rehabilitasi dan bisa diadopsi oleh penyayang binatang. GSI dan JAAN juga aktif menyuarakan adopsi hewan peliharaan dan juga perawatan hewan peliharaan.

Sebagai manusia, haruskah kita peduli dengan issue animal welfare ini? jawabanku, iya. Karena sebagai manusia yang beradab dan berpendidikan, seharusnya kita ikut peduli dengan kesejahteraan hewan di sekeliling kita. caranya? kita bisa mulai dari hal kecil. jangan sakiti hewan apapun di sekitar kalian, laporkan jika kalian melihat penyiksaan hewan, mengadopsi hewan terlantar, dan lain-lain. atau ngga, buat penyayang binatang, bisa menjadi relawan di NGO yang mengurusi animal welfare seperti Greenpeace, GSI, ataupun JAAN. karena kalau bukan kita yang peduli, siapa lagi? Hewan-hewan juga gak bisa melawan saat disiksa, ya kan? makanya disini kita bisa dan harus do something untuk kesejahteraan hewan, terutama hewan-hewan di sekitar kita.
Setuju?

Salam hangat,

Advertisements

12 thoughts on “Animal Welfare di Indonesia

  1. Saya juga setuju… Jangankan hewan, 5 prinsip tadi aja belum di miliki semua orang. Itu disayangkan sekali. Jika semua orang memiliki 5 prinsip animal welfare, niscaya, para hewan juga akan mendapatnya. Itu pendapat saya. Terimakasih…

    Like

    1. Iya sih, bener juga… jangankan hewan, manusia aja masih banyak yg belum memiliki 5 prinsip animal wefare itu… makanya perlu aja terobosan di bidang animal welfare biar hewan di Indonesia sejahtera dan nggak punah.

      Liked by 1 person

  2. Dari dulu saya tertarik dengan dengan kegiatan campaign untuk penyelamatan stray dogs and cats, kemudian hewan-hewan tersebut diobati, kemudian ditampung di dalam shelter untuk di-rehabilitasi dan bisa diadopsi oleh penyayang binatang. Ternyata udah ada JAAN (Jakarta Animal Aid Network). Hm, PR juga kayaknya untuk daerah lain. Semoga suatu saat saya bisa menginisiasi ini di daerah saya, mohon doanya.

    Like

  3. Kita harus bertindak nih, dengan cara tidak menyakiti hewan apapun di sekitar kita dan berani melaporkan kalau melihat penyiksaan hewan. salut dengan GSI dan JAAN yg aktif bekerja untuk penyelamatan stray dogs and cats.

    Like

  4. Hello there I like your blog. Would you like to guest post on my very own sometime? If that’s the case please tell me by way of e mail or perhaps answer this kind of opinion simply due to the fact We subscribed to noiiticatfons and can understand if you do.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s