Opinion

Rasanya Menjadi Cewek Ber-Kepribadian INTJ.

Hi all! ♡
Di sini aku pernah bilang kalau aku itu punya personality trait INTJ. Buat yang masih bingung, INTJ (Introvert – Intuitive – Thinker – Judgemental) itu adalah salah satu dari 16 tipe Myers-Brigg personality traits yang ada pada manusia. dan INTJ cewek adalah yang paling rare karena cuma ada 1% dari kami di dunia. Nah, sekarang aku pengen share nih sama kalian, rasa-nya menjadi seorang INTJ.

Yang pertama, aku agak susah untuk membaur dalam keramaian. Temen-temen deketku bilang, aku itu kalo belum kenal deket, dingin banget, lebih ke jutek, tapi kalo udah kenal, gokil juga. Di keramaian orang banyak, yang hampir semuanya ga deket sama aku, aku bakal sulit ada disitu, bahkan untuk ngobrol aja udah bingung mau ngomong apa, akhirnya mojok dan diem sendirian adalah satu-satunya pilihan. Tapi begitu aku sudah nyaman dengan satu komunitas, aku bakal enjoy juga. salah satu komunitas yang membuatku nyaman adalah Mudika Melbourne choir, choir dimana aku bergabung sekarang.

Kedua, aku males kumpul-kumpul kalo itu ngga urgent-urgent banget. Apalagi sekarang aku kan masih kuliah, jadi fokus utama tetep pelajaran plus komunitas yang aku ikutin. Kalau sekedar jalan-jalan, nongkrong-nongkrong tanpa tujuan jelas, aku males. mendingan waktunya dipake buat belajar atau nyolong waktu buat tidur.

Ketiga, home sweet home! Kamar apartemenku adalah tempat favoritku. hampir 24 jam aku menghabiskan waktu di kamar. bosen ga? nggak lah, di kamar aku bisa baca buku, nge-game, ngerjain tugas, nge-design, nulis, dll. aku baru akan keluar rumah kalau mau belanja mingguan, wawancara orang, ataupun ikutan komunitas. Makanya aku bersyukur banget bisa gabung di komunitas yang merangkul aku untuk berbaur dengan mereka.

Keempat, aku lebih banyak punya temen cowok daripada cewek. Aku ga paham dari kecil entah kenapa aku lebih seneng curhat dan sharing banyak hal sama cowok. Ini bukan pacaran loh. Mereka murni temen-temenku. Aku nyaman aja, cowok itu kalo ngeliat masalah lebih simpel, terus logis. To the point lagi. Jadi aku ngerasa itu selaras dengan diriku. Makanya dari kecil sampe SMA, aku ga pernah dandan girly gitu :). anting aja aku baru pakai pas kelas 1 SMA. sementara temen-temen cewek-ku yang lain? pada pake anting dari SD, bahkan ada yang pake dari bayi! dan kalung aja, aku baru mulai rajin pakai sejak tahun lalu.

Kelima, aku gak begitu suka sama cewek yang klemer-klemer, hobi dandan, manja, suka teriak-teriak kalo ketemu hewan sekaliber ulet bulu doang atau kecoa. Aku suka berteman sama sosok cewek yang tangguh, pemberani, kuat, mandiri, dan cerdas. Tapi kata temenku yang cowok, kaum cowok lebih suka cewek yang klemer-klemer dan manja. Itu bukan aku banget. -_-

Keenam, aku itu curious banget. aku ga bakal berenti nanya dan cari tau ke hal-hal yang menjadi interest aku. Sebagian orang mungkin bosen jadi narasumberku, hihi. Kalo ada hal yang menarik hati, aku bisa nyari bahan itu sampe banyakkk banget, sampe misterinya sedikit terkoyak, sampe kadang orang yang expert di bidang itu bertanya-tanya kok kamu tau banyak? Yatta! Dan waktu aku di-diagnosa Turner Syndrome type mosaic yang pernah kuceritakan di sini pun, aku bisa dengan leluasa mendikusikan rencana pengobatan dengan dokterku.

Ketujuh, aku selalu bikin master plan sampe Z. Apakah kalian tipe yang suka bikin banyak rencana cadangan? aku sih iya. Kalo aku udah punya 1 target besar, aku bisa bikin plan A,B, C, D bahkan sampe Z. Semua tergantung dari seberapa hal tersebut aku inginkan dan seberapa hal tersebut rumit untuk dihadapi.

Kedelapan, aku ga tau kenapa aku suka ngomongin politik juga hal-hal yang berbau idealis. Waktu jaman pemilu kemaren kan banyak link berita yang isinya hoax disebar ke fb. Duuh itu bikin aku bete banget, udah isi beritanya ga jelas, sumbernya ga jelas, masih disebarin lagi, ckck. -_-

Kesembilan, aku itu perfeksionis dan mau semuanya organized. begitu juga dengan tugas-tugas kuliahku. maunya semua di-plan ahead, plus bikin plan b,c,d.. dan seterusnya untuk antisipasi. dan ketika bekerja dalam sebuah project pun, aku maunya pembagian kerja harus jelas! siapa yang kerjain ini itu, deadline untuk masing-masing bagian (terutama big project), apa yang harus kita urus, dll.

kesepuluh, aku itu orangnya emotional dan judgemental banget. saking emotionalnya, aku itu gampang baper, tapi aku kalau marah itu ga akan ngamuk with words seperti kebanyakan orang, tapi malah aku akan diam dan ujung-ujungnya nangis, ga tau kenapa. dan kapanpun aku nonton film, ftv, atau apapun itu, pasti aku akan nge-judge berdasar apa yang aku lihat. kalau aku udah nge-judge satu TV serial  jelek gara-gara jalan cerita (storyline)-nya gampang ketebak atau cliché, aku pasti ga bakal mau nonton serial itu lagi. That’s why aku itu orangnya selective banget sama apa yang aku tonton dan aku baca. apalagi baca manga dan nonton anime. aku ga akan pernah mau baca manga dan nonton anime ber-genre gore (gothic-horror-sadisme), yaoi & yuri (singkatnya, LGBT) dan terakhir hentai (porn). ketiga genre yang aku sebutin itu yang ga akan pernah mau aku baca manga-nya dan aku tonton anime-nya. kalau bacaan komik, aku lebih suka komik shoujo yang memang untuk cewek, sih. sementara kalau film aku lebih suka drama, musical, adventure dan action. hehehe…

Kalau kalian ada yang udah pernah ambil test MBTI (Myers-Brigg Personality Test)? Share yuk sama aku, hasil kalian… and your personality trait.. ditunggu ya!

Love,

Advertisements

45 thoughts on “Rasanya Menjadi Cewek Ber-Kepribadian INTJ.

  1. haloo Levina..
    samaan nih aku juga intj kyk kamu dan desc. yg kamu share di page kmu ini beneran sama persis kyk yg aku alamin. hahaha. kebetulan zodiak aku jg sagitarius looh dan aku jg ikutan choir di kampus dan itu one n only social group yg attaching n comforting bgt di aku..dan btw aku udh baca cerita kamu ttg turner syndrome. Semangat ya, Levina! 🙂 Kamu salah satu dr sekian orang yg dipilih Tuhan utk mjd kuat dan tangguh. Jadi terinspirasi bgt abis baca pengalaman kamu, membuka hati bahwa kita emang hrs lebih bersyukur..meskipun kadang mikir kenapa dikasih cobaan ini itu tp bersyukur bgt keluarga msh mampu biayain n mensupport buat kesembuhan. Curhat dikit ya, hehee aku jg kebetulan dpt penyakit (entah lebih pas disebut penyakit ato kelainan) yg longlife condition jg.. namanya dermatitis atopik.. yg jujur buatku ini nyebelin bgt dan kambuhannya bgt.. bikin gak PD jg apalagi klo ngeliat org2 kulit pada mulus gitu. Seriiing bgt iri dan kzl knp harus dpt pesakitan kyk gini. Tp di sisi lain aku jg bljr menerima n mengikhlaskan aja..apalagi di agamaku diajarkan buat ikhlas sm apapun penyakit yg kita alamin krn dr penyakit itu justru yg bisa jd pelebur dosa2 kita :))
    Semoga sehat selalu yaah bwt kita. hehee. Salam kenal 🙂

    Like

  2. Halo Via salam kenal. Saya INTJ dan lagi recovery dari psyschosomatic disorder. Btw tau komunitas INTJ di Indonesia ga Via? saya nyari belum ketemu nih.

    Like

  3. Hallo…makasih ya sharingnya. Baru tahu ada tes kepribadian seperti itu. Aku belum pernah sih tes kayak gitu…
    Salam kenal. Selalu positif saja yaa…

    Like

  4. Hai via salam kenal!
    Bener banget yah mungkin emang INTJ mirip-mirip
    Beberapa perbedaan mungkin karena gender kita beda, buat saya laki-laki malah lebih banyak teman wanita dibanding laki-laki nya.
    Entah kenapa saya gak suka sama dunia laki-laki kebanyakan semacam bola, rokok, alkohol ataupun nightlife. Meksi dekat dengan hal seperti itu sedikit pun tidak terpengaruh, tapi tetep kok saya seorang pria yg bisa mencintai wanita.
    1 lagi sudah hampir 4 tahun lebih gak pernah nyalain tv channel indo kalau gak sengaja liat, rasanya emang bikin ilfil😂😂

    Like

    1. Hahaha sama. Aku juga gasuka nonton channel indo. Bikin ilfil hahaha. Emang sih, INTJ itu mirip mirip. Aku juga gasuka nightlife gitu. Dan selera aku dlm buku, fashion, dan musik itu beda dari mereka yg seumur aku. 😊😊😊

      Like

  5. Halo..
    Aku tidak bisa bilang aku merupakan pribadi INTJ atau bukan, aku pernah ikut dua tes online, dan hasilnya berbeda.
    Pertama INTP, kedua INTJ.

    Tapi ada sifatmu yang sama dengan ku. Pas lagi marah, lebih suka diem terus. Dan kalo marah sama satu orang, maka orang di sekitar juga ikut kena. He..

    Dan kalo bicara sama orang lain, suka banget, kalo aku bisa bikin lawan bicara terintimidasi. Beda lagi kalo bicara sama orang yang kita sayang, bawaan nya santai, tapi serius. Gimana caranya, orang yang kita sayang itu, nyaman bicara sama kita, dan buat mereka menceritakan semuanya tanpa ada satu yang terlewatkan.

    So.. menjadi pribadi INTJ, tidak terlalu buruk. Berpikir logis itu penting! Benar kan?…

    Like

  6. Kak, hampir yang semua disebutin sama kakak sama semuanya sama yang aku alami selama ini😄, tapi boleh nanya kak, kalau intj itu cenderung moodboodter gak?

    Like

  7. Ih, bner bangt. Kita sma bgt pling yg beda soal “ulet bulu” Saya takut skali sm ulet bulu. Hehe
    Pantes slama ini ngerasa ko beda sma cwe2 lain d sktar saya.
    Jujur,sneng deh tau ada org lain dgn kepribadian sama. Salm knal ya

    Like

  8. Aku baru tau kalau ternyata aku juga intj, dan aku baru tau setelah ada rekan kerja yang bilang kalau aku tuh pendiam banget, terus coba ikut tes kepribadian online, dan ternyata hasilnya aku intj, gk tau kenapa jadinya agak sedih, ternyata intj termasuk langka, pantesan aku gk punya banyak temen, sulit banget untuk bicara

    Like

    1. Halo Andieen, salam kenal!
      kita sama banget, karena temen-temenku bilang…
      aku pendiam kalo belum kenal atau belum nyaman banget di komunitas.
      tapi kalo udah nyaman, bakal gokil juga, hehehe…

      Like

  9. Halo nama saya Sandi. Saya cowok kebetulan nemu blog ini. Saya dah test MBTI online sampe 15 kali dari yg bahasa Indo sampe bahasa Inggris hasilnya 13 positif INTJ 2 negatif INTJ. Minta saran dong kak cara yg tepat buat intj menghadapi stres soalnya saya rentan stres kalo rencana saya gagal atau ada hal di luar yg kacaukan rencana saya.

    Like

    1. Hai Sandi, salam kenal.. kalo aku, dlm menghadapi stress biasanya aku alihkan ke hobi, seperti nyanyi ataupun main alat musik, terus juga olahraga yang membuat rileks seperti renang atau yoga. hehehe…

      Like

  10. Omg kaakk sama banget, aku Sagitt+INTJ dan kayak gini banget hahaha. I relate 200%. Termasuk yg lebih sering temenan sama cowok, haha.

    Like

  11. Halo ka, saya malah INTJ+Cancer. Saya ikut 20 tes online, hasilnya INTJ 19:1. Tahun ini ikut lagi masih INTJ malah kadar I dan T makin bertambah. Jujur saya malah ga mau INTJ tapi harus di akui setelah merenung berkali-kali ada beberapa yg INTJ banget cth kaku, logika mulu, keliatan kejam, rentan depresi (pernah hampir cuma sembuh sendiri tanpa ke psikiater wfeknya malah rambut rontok hampir botak). Saya juga kesulitan paham perasaan orang secara umum di tambah saya dari dulu jomblo ga pernah pacaran soalnya bingung ngegebet cewek caranya gimana (saya cowok gpp ya hehe). Banyak orang yg bilang saya kalo lagi diem kaya mau bunuh orang padahal nggak kebanyakan malah ngelamun wkwkwk anyway menurut kaka apa tes online hasilnya cukup valid? Terus tolong saran biar kadar I dan T saya menurun. Thx 🙂

    *maaf curhat

    Like

  12. Hai Levina.. terima kasih sudah mau share what do you feel sebagai seorang intj. btw, aku tertarik membaca tulisanmu ini karena emang lagi riset terkait mbti jenis ini. masalanya aku lagi tertarik dengan cowok yang punya kepribadian intj. aku enggak ngerti awalnya kenapa dia sekeras batu, tapi akhirnya aku memahami mengapa dia begitu. sebenarnya kalau berdasarkan mbti ku yang enfj ini kita kurang cocok. Cuma aku pingen give up aja karena tertariknya udah bertahun-tahun. kalau case nya kayak gini, apa aku yang harus pdkt in duluan? aku worry sih takutnya dia risih dan merasa percakapanku gak berguna, walau sebenarnya udah berusaha bicara yang substansial. if you can give me advice, really appreciate.

    Like

  13. Hi sesama perempuan terlangka di bumi! 🙂 kebetulan baca blog ini dan viola.. kita sama!! wkwkwwk.. klo gw sih tiap kali tes gak jauh2 dari NTJ, cuma bedanya kadang keluarnya ENTJ kadang INTJ. bisa gak sih diadakan ANTJ gitu, secara gw bisa jd introvert maupun extrovert based on any situasion? hahaha..

    Dulu pas blm coba2 ikutan tes gw memang termasuk cewek yg beda sendiri, desrkipsinya yah mirip kyk kamu ini. Karena itulah banyaaakk buanget temen2 yg suka mengkritik dgn bilang gw itu aneh lah, dsb2.. bahkan dl sempat jd korban bully di sekolah (huhu). Bahkan saking depresinya (berterimakasilah pada kepribadian qt yg super ribet dan mikirin hal yg gk habis2) pernah kepikiran sampe suicide gt *please jgn ditiru!* but, somehow gw bisa berada di posisi sekarang ini, bahkan katanya lbh stubborn dibandingkan yg udah2..

    Sedikit sharing (dr pengalaman pribadi jg) orang2 kyk qt tuh paling cepet dlm mengejar jenjang karir loh.. hehehe.. gmn dgn mu?

    Temen gw pun jg 99% cowok, cm 1% yg cewek. dan memang gw lebih nyaman dgn cowok, krn mereka to the point dan gak kebanyakan drama.. tapi karena ini urusan asmara gw gak pernah jelas hahahaa.. *malah curhat

    Tapi akhirnya seneng banget, diantara populasi 0.8% perempuan NT di seluruh dunia, akhirnya bisa ketemu kamu disini hehehehe

    Salam kenal, mampir2 jg ya ke blog gw : greenychocoratz.blogspot.com 🙂

    Like

  14. Waaah apa yang kamu rasakan dan alami adalah hal yang serupa yang aku rasakan 😹

    Mostlyy!!! 😹

    Dan iyaaa aku INTJ jugaaa

    Kereeeen
    Tetap menulis yaaaa

    Like

  15. Kok sama,aku intj juga,cuman kebalik klo aku cowo malah sering di genitin cwe,bukan cuma dingin,tp super duper dingin kadang tmen aja liat aku kya org asing,disitulah suka dukanya,gk sadar aku di anggep bgitu ama orang-orang

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.