Opinion

Rasanya Menjadi Cewek Ber-Kepribadian INTJ.

Hi all! ♡
Di sini aku pernah bilang kalau aku itu punya personality trait INTJ. Buat yang masih bingung, INTJ (Introvert – Intuitive-Thinker- Judgemental) itu adalah salah satu dari 16 tipe Myers-Brigg personality traits pada manusia. dan INTJ cewek adalah yang paling rare karena cuma ada 1% dari kami di dunia.
Nah sekarang aku pengen share nih sama kalian, rasa-nya menjadi seorang INTJ.

Yang pertama, aku agak susah untuk membaur dalam keramaian. Temen-temen deketku bilang, aku itu kalo belum kenal deket, dingin banget, lebih ke jutek, tapi kalo udah kenal, gokil juga. Di keramaian orang banyak, yang hampir semuanya ga deket sama aku, aku bakal sulit ada disitu, bahkan untuk ngobrol aja udah bingung mau ngomong apa, akhirnya mojok dan diem sendirian adalah satu-satunya pilihan. Tapi begitu aku sudah nyaman dengan satu komunitas, aku bakal enjoy juga. salah satu komunitas yang membuatku nyaman adalah Mudika Melbourne choir, choir dimana aku bergabung sekarang.

Kedua,aku males kumpul-kumpul kalo itu ngga urgent-urgent banget. Apalagi sekarang aku kan masih kuliah, jadi fokus utama tetep pelajaran plus komunitas yang aku ikutin. Kalau sekedar jalan-jalan, nongkrong-nongkrong tanpa tujuan jelas, aku males. mendingan waktunya dipake buat belajar atau nyolong waktu buat tidur.

Ketiga, home sweet home! Kamar apartemenku adalah tempat favoritku. hampir 24 jam aku menghabiskan waktu di kamar. bosen ga? nggak lah, di kamar aku bisa baca buku, nge-game, ngerjain tugas, nge-design, nulis, dll. aku baru akan keluar rumah kalau mau belanja mingguan, wawancara orang, ataupun ikutan komunitas. Makanya aku bersyukur banget bisa gabung di komunitas yang merangkul aku untuk berbaur dengan mereka.

Keempat, aku lebih banyak punya temen cowok daripada cewek. Aku ga paham dari kecil entah kenapa aku lebih seneng curhat dan sharing banyak hal sama cowok. Ini bukan pacaran loh. Mereka murni temen-temenku. Aku nyaman aja, cowok itu kalo ngeliat masalah lebih simpel, terus logis. To the point lagi. Jadi aku ngerasa itu selaras dengan diriku. Makanya dari kecil sampe SMA, aku ga pernah dandan girly gitu xD. anting aja aku baru pakai pas kelas 1 SMA. sementara temen-temen cewek-ku yang lain? pada pake anting dari SD, bahkan ada yang pake dari bayi! dan kalung aja, aku baru mulai rajin pakai sejak tahun lalu.

Kelima, aku gak begitu suka sama cewek yang klemer-klemer, hobi dandan, manja, suka teriak-teriak kalo ketemu hewan sekaliber ulet bulu doang atau kecoa. Aku suka berteman sama sosok cewek yang tangguh, pemberani, kuat, mandiri, dan cerdas. Tapi kata temenku yang cowok, kaum cowok lebih suka cewek yang klemer-klemer dan manja. Itu bukan aku banget. -_-

Keenam, aku itu curious banget. aku ga bakal berenti nanya dan cari tau ke hal-hal yang menjadi interest aku. Sebagian orang mungkin bosen jadi narasumberku, hihi. Kalo ada hal yang menarik hati, aku bisa nyari bahan itu sampe banyakkk banget, sampe misterinya sedikit terkoyak, sampe kadang orang yang expert di bidang itu bertanya-tanya kok kamu tau banyak? Yatta! Dan waktu aku di-diagnosa Turner Syndrome type mosaic yang pernah kuceritakan di sini pun, aku bisa dengan leluasa mendikusikan rencana pengobatan dengan dokterku.

Ketujuh, aku selalu bikin master plan sampe Z. Apakah kalian tipe yang suka bikin banyak rencana cadangan? aku sih iya. Kalo aku udah punya 1 target besar, aku bisa bikin plan A,B, C, D bahkan sampe Z. Semua tergantung dari seberapa hal tersebut aku inginkan dan seberapa hal tersebut rumit untuk dihadapi.

Kedelapan, aku ga tau kenapa aku suka ngomongin politik juga hal-hal yang berbau idealis. Waktu jaman pemilu kemaren kan banyak link berita yang isinya hoax disebar ke fb. Duuh itu bikin aku bete banget, udah isi beritanya ga jelas, sumbernya ga jelas, masih disebarin lagi, ckck. -_-

Kesembilan, aku itu perfeksionis dan mau semuanya organized. begitu juga dengan tugas-tugas kuliahku. maunya semua di-plan ahead, plus bikin plan b,c,d.. dan seterusnya untuk antisipasi. dan ketika bekerja dalam sebuah project pun, aku maunya pembagian kerja harus jelas! siapa yang kerjain ini itu, deadline untuk masing-masing bagian (terutama big project), apa yang harus kita urus, dll.

kesepuluh, aku itu orangnya emotional dan judgemental banget. saking emotionalnya, aku itu gampang baper, tapi aku kalau marah itu ga akan ngamuk with words seperti kebanyakan orang, tapi malah aku akan diam dan ujung-ujungnya nangis, ga tau kenapa. dan kapanpun aku nonton film, ftv, atau apapun itu, pasti aku akan nge-judge berdasar apa yang aku lihat. kalau aku udah nge-judge satu TV serial  jelek gara-gara jalan cerita (storyline)-nya gampang ketebak atau cliché, aku pasti ga bakal mau nonton serial itu lagi. That’s why aku itu orangnya selective banget sama apa yang aku tonton dan aku baca. apalagi baca manga dan nonton anime. aku ga akan pernah mau baca manga dan nonton anime ber-genre gore (gothic-horror-sadisme), yaoi & yuri (singkatnya, LGBT) dan terakhir hentai (porn). ketiga genre yang aku sebutin itu yang ga akan pernah mau aku baca manga-nya dan aku tonton anime-nya. kalau bacaan komik, aku lebih suka komik shoujo yang memang untuk cewek, sih. sementara kalau film aku lebih suka drama, musical, adventure dan action. hehehe…

Kalau kalian ada yang udah pernah ambil test MBTI (Myers-Brigg Personality Test)? Share yuk sama aku, hasil kalian… and your personality trait.. ditunggu ya!

Love,

Advertisements

2 thoughts on “Rasanya Menjadi Cewek Ber-Kepribadian INTJ.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s