Friends · Random Story

Persahabatan.

Apa yang kamu ketahui tentang sahabat? Lalu apakah kamu percaya dengan kata-kata yang mengatakan bahwa, “Jika sudah berteman lebih dari 7 tahun ia adalah teman abadi.” Bagaimana tanggapan kalian mengenai hal tersebut? Percaya atau tidak itu adalah pilihan kita masing-masing.

Menurutku sahabat adalah seseorang atau lebih yang sudah mengerti diri kita. Terkadang sahabat itu lebih mengerti kita daripada yang lain, karena sahabat bisa menjadi teman curhat kita, orang yang selalu mendukung kita, orang yang memarahi kita jika kita berbuat salah, dan sebagainya. Oleh sebab itu, aku yakin sahabat adalah orang yang paling mengerti bagaimana dirimu sebenarnya. Dan sekarang disini aku ingin bercerita tentang persahabatanku, semoga kalian suka yah..

Jadi, aku mempunyai beberapa teman dekat dari SD. Kenapa aku bisa bilang mereka adalah teman dekat? Karena menurutku, mereka hampir di setiap waktu menghabiskan waktunya bersamaku.  belajar bareng, main bareng, bahkan sampai nge-rusuh bareng. Tapi, taukah kamu? Seiring berjalannya waktu, ada yang dinamakan ‘seleksi alam’. Apakah kamu tau apa yang dimaksud dengan ‘seleksi alam’? Menurut pandanganku, ‘seleksi alam’ ini adalah sebuah situasi dimana orang-orang yang kamu anggap telah berpisah atau waktu bermain denganmu menjadi semakin sedikit atau sulit bertemu satu sama lain. Hal ini sering terjadi di dalam kehidupan. Seiring berjalannya waktu, sampailah aku di bangku SMP, dimana saat itu masih ada beberapa teman dekatku yang masih selalu ada bersamaku, namun kini bisa dibilang berkurang. Namun, aku sadar kita tidak bisa memaksakan sesuatu hal, karena nanti hasilnya nggak akan baik. Dan saat aku duduk di bangku SMA, ‘seleksi alam’ pun masih terus berjalan. Ada yang datang dan ada yang pergi, tapi masih ada yang bertahan.

Dan pada akhirnya, aku berfikir. Aku mempunyai 3 orang teman dekat yang bertahan dari SD hingga SMA. Dan aku yakin, mereka bukan hanya teman dekat, bisa dibilang sahabat sejati. Terbukti, sudah 10 tahun lebih pertemanan ini masih terus berjalan dan terjaga dengan sangat baik. Waktu terus berlalu,  dimana aku memutuskan untuk studi ke Melbourne, mereka bertiga selalu ada untuk membantu aku dalam segala hal, terutama sebelum keberangkatan aku.

Jika diingat, sangatlah banyak kenangan yang kita lakukan bersama. Di saat kita dalam keadaan susah, terpuruk, senang, suka dan duka kita berempat selalu ada dalam saling menjaga dan menguatkan satu sama lain. Banyak yang datang dan pergi, tapi mereka bertiga selalu ada untukku. Walaupun kita sudah sangat dekat, tapi tetap ada masa dimana kita saling marah. Kenapa marah? Karena kita tidak ingin salah satu dari kita terjatuh sendiri, dan mengambil langkah sendiri dengan kepala kosong. Aku merasa bersyukur mereka kadang memarahi aku, aku rasa itu lebih baik daripada mereka cuek padaku, dan aku sadar mereka marah karena mereka sangat menyayangiku dan tidak ingin aku terluka atau tersakiti. Kami tetap bersahabat dari dulu hingga sekarang, dan dulu saat aku memutuskan untuk melanjutkan kuliahku ke Melbourne, mereka mendukung aku 🙂

Dan kini, aku sudah mempunyai sahabat sejati, bukan sekedar teman dekat. Karena sahabat adalah orang yang tidak meninggalkanmu dalam keadaan apapun dan selalu bersamamu dalam keadaan apapun. Dia mengerti dan peka terhadap dirimu, apa yang sedang kamu rasakan atau sedang kamu alami pasti sahabat mengetahui hal tersebut. aku percaya itu, dan aku memilikinya.

Love,

flower text divider

Leave a Reply

