Opinion · Social Media

Generasi Mudah Diprovokasi?!

Hai guys… mungkin post kali ini akan berbeda dengan post-post sebelumnya yang pernah aku tulis disini. Let me start this post with a little story. Jadi tadi pagi, seperti biasa aku buka LINE Today. Dan nemuin berita soal netizen Indonesia yang ribut di social media karena gagal paham arti kata Indochina. selengkapnya bisa kalian baca di sini. Jadi intinya orang-orang yang ga ngerti apa itu Indochina – mengira Indochina itu Indonesia, tersulut emosi dan ngamuk di social media seperti Twitter & Facebook.

Oke, aku bakal jelasin dulu apa itu Indochina. Indochina itu bukan Indonesia, guys. bukan. Jadi, istilah Indochina merujuk pada negara-negara ASEAN bekas jajahan Prancis (Vietnam, Laos, & Kamboja) dan geographically speaking, those countries were called Indochina because they are located between India & China. Jadi, Indochina gaada kaitan sama sekali dengan Indonesia. Indonesia, ya Indonesia.

Dengan kejadian ini, aku cuma bisa tepok jidat. serius. Bahkan aku pernah menyinggung soal generasi muda Indonesia yang malas membaca di sini – dan akibatnya apa? banyak masyarakat Indonesia yang aku lihat melakukan kebodohan di social media that annoyed me and made me speechless because stupidity is one of my biggest pet peeves. Basically, stupidity in any form. Kenapa? Karena orang Indonesia, karena kebodohannya sendiri, karena sifat ignorant dan ga pernah mau mencari tau lebih jauh, akan menjadi orang-orang yang berpikiran sempit, mudah termakan issue-issue yang belum tentu bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya (alias hoax), dan mudah diprovokasi.  Dan melihat semua fenomena ini, ada pertanyaan yang terlintas di kepalaku, kalau generasi mudanya seperti ini, kelak di masa depan Indonesia mau dibawa kemana? Akan menjadi seperti apa bangsa Indonesia kelak jika generasi mudanya, yang kelak akan meneruskan dan menjadi tumpuan masa depan bangsa ini, mudah diprovokasi, mudah tersulut emosinya dan segitu gampangnya mengumbar kemarahan di social media?

Teman-teman, seharusnya hal-hal kayak gini udah gak terjadi lagi. biasakan research dulu setelah membaca suatu artikel biar kalian gak gampang termakan hoax dan diprovokasi sehingga kalian gak mudah kepancing emosi dan gak asal ngamuk di social media. Please deh, asal ngamuk di social media tanpa mencari tau kebenaran dari sebuah artikel terlebih dulu sounds so stupid. Karena kalian gatau kebenaran di balik sebuah cerita atau artikel, kalian jadi gampang diprovokasi dan emosi. Karena sudah emosi, kalian langsung share aja di social media kalian tanpa mencari tau kebenarannya lebih dulu. Ga heran deh, hoax bertebaran di social media dan banyak yang kemakan hoax. Kalian sebagai generasi muda have to be smarter than that.

Guys, sekarang udah zaman internet. gunakan internet untuk memperluas wawasan kalian, gunakan internet untuk belajar dan menambah skill kalian. Internet, jika dimanfaatkan dengan baik akan menjadi salah satu tool yang berguna dalam hidup kita. dengan bijak menggunakan internet, tidak hanya skill  yang bertambah, tapi kita juga bisa menjadi kreatif dan menginspirasi orang lain. bahkan bisa menjadi alternatif pekerjaan untuk masa depan, karena pekerjaan di dunia creative masih banyak loh, dan banyak diantaranya yang (diam-diam) menjadi pekerjaan impian generasi millenial dan (mungkin) juga menjadi pekerjaan impian teman-teman sesama generasi 90-an, seperti penulis, vlogger, travel /fashion blogger, designer, dan masih banyak lagi.

Nah, apapun pekerjaan impian kalian, kalian bisa kok mewujudkan mimpi kalian. caranya? dengan  rajin membaca, meningkatkan wawasan kalian, dan gunakan internet dengan bijak. Intinya, kita harus bisa menjadi generasi muda yang lebih baik.
Yuk kita semangat, dan lakukan bersama-sama… agar kelak, kita sebagai generasi muda bisa memajukan Indonesia. setuju?

Salam sayang,

Advertisements

12 thoughts on “Generasi Mudah Diprovokasi?!

  1. Peran social media sekarang besar sekali sampe Presiden aja bilang perlu dibentuk panitia khusus buat memantau social media. Bisa jadi lama2 bakal ada pasal di Undang-undang yang bahas tentang tata tertib di Socmed 😂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s