Opinion

Yuk, Bersama Menebar Kebaikan!

Pernah lihat orang yang menyebalkan?
Pernah berurusan dengan orang yang menyebalkan?
Pernah berargumen dengan orang yang menyebalkan?
Tunggu dulu… pernah merasa gak, jangan-jangan justru kitalah orang yang menyebalkan itu?

Sometimes I wonder, what makes people think it’s okay to speak/treat others in a way that when they do, it hurts the feelings of those they speak to?
“Yah, itu sih kamunya aja yang terlalu sensitif! Dibawa becanda/santai aja, laah!” Iya sih, betul. Kita nggak bisa berharap orang bakal memperlakukan kita seperti yang kita inginkan, jadi itu tugas kita untuk memperkuat diri sendiri supaya badai macam apapun yang menerjang kita, kitanya bisa kuat menghadapi segala cobaan yang datang.

Semakin ke sini, aku jadi berpikir, there are always better ways and better words (to express your thoughts). dan selalu ada cara dan kata-kata yang lebih baik untuk menyampaikan pendapat atau pemikiran kita ke orang lain. Nah aku berpikir, demi bisa memenuhi prinsipku tersebut, ada empat hal nih yang penting untuk aku jaga:

  1.  Nada bicara. Pernah nonton film dan liat adegan seorang ibu marah-marah sama anaknya karena anaknya membantah dengan suara tinggi, kemudian ibunya menyalak, “Don’t use that tone with me!”? Atau, pernah kah saat lagi ngobrol sama temen, kita mengemukakan pendapat kita tentang suatu hal, kemudian sama mereka disaut, “Eh, ngomongnya biasa aja kalii…” Karena, meenurut aku nada bicara ini penting banget lho untuk dilatih dan dibiasakan. Apalagi untukku, yang punya tendensi menggunakan intonasi yg makin lama makin tinggi. Mungkin memang nggak bisa terelakkan kalau “budaya” atau cara bicara kita di rumah terbawa ke luar. Dan nggak bisa terelakkan juga mempergunakan itu sebagai alasan (”Ya aku orangnya emang kayak gini”, atau “Ya aku di rumah biasa kayak gini”, atau “Ya Ibu Bapak aku juga ngomongnya kayak gini”). Tapi nggak bisa selamanya seperti itu, ya nggak sih? Kesantunan dalam berbicara itu menurutku salah satu skill yang penting. Kita juga harus bisa peka dengan lawan bicara kita. Bisa jadi lho, nada bicara yang menurut kita “biasa”, taunya terdengar offensive dan bikin nggak enak hati orang lain.
  2. Pilihan kata. Yuk coba kita biasakan untuk selalu menggunakan kata-kata positif! There are always better words, selalu ada kata-kata yang lebih baik! Alih-alih bilang “Hah aneh banget?!”, atau “Ih kok jelek gitu?” coba untuk bilang “Wah, menarik ya!” atau, “Wah, unik juga!”, atau “Wah, beda ya keliatannya!” Kedengarannya lebih enak juga, kan? Words can break someone into million pieces, but they can also put them back together (Taylor Swift). Kata-kata itu punya kekuatan, dan kalau kita bisa memilih menggunakan kekuatan tersebut for a better purpose, kenapa nggak?
  3. Ekspresi muka. Ini pun nggak kalah penting! Sama seperti kata-kata yang kayak pedang, ekspresi muka juga punya kekuatan yang hampir serupa, lho: bisa menyatukan atau menjatuhkan. Ekspresi muka ini biasanya refleks dan tanpa kita sadari, jadi yang paling penting supaya kita bisa menjaganya adalah dengan melatih…
  4. Mindset kita. Daripada kita berpikir dan memberi label (labelling) kalau seseorang itu “aneh” atau “freak” atau “nggak bener” dan kata-kata-lainnya-yang-gak-gitu-enak-untuk-didenger karena mereka tidak “matching” sama apa yang ada di kepala kita, cobalah berpikir kalau all people are simply different, and their differences makes them unique in a good way. Dengan perubahan mindset sederhana itu (dan yang penuh dengan kata-kata positif), a lot of things can change, lho 😀

One very wise woman named Taylor Swift once said, be good to people, because being good to people is a wonderful legacy to leave behind.

Daripada berakhir meninggalkan kebencian, yuk kita sama-sama coba mulai menebarkan kebaikan!

Salam sayang,

Advertisements

8 thoughts on “Yuk, Bersama Menebar Kebaikan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s