Q & A · Vlog · YouTube

2nd QnA : Music, Sport and Writing

Hai guys!
Thanks banget ya buat kalian yang udah ngasih pertanyaan di 2nd QnA aku!
Nah ini dia 10 pertanyaan yang udah aku pilih dari semua pertanyaan yang masuk.
Check it out!

1. antara nyanyi sama dance, mana yang lebih lama kaka tekuni? Dan cara ngatur jadwal latihannya gimana? – Qinthara96

hai.. aku suka dua-duanya sih ya, nyanyi sama dance. Tapi kalo dunia nyanyi udah aku kenal selama kurang-lebih 18 tahun terakhir, dan baru mengenal dance 8-9 tahun terakhir. Jadi aku memang lebih lama nyanyi. cara ngatur jadwal latihannya yah berusaha di-beda-in harinya biar ga ada latihan yang bentrok jadwalnya.

2. Rahasia kamu untuk tetap bugar menjalani aktivitas apa? – evemiguellena
Rahasianya itu, saat bangun pagi, minum air putih yang banyak. setelah itu, stretching dulu. Terus jaga makanan, aku mulai menghindari junk food dan memperbanyak makan makanan sehat seperti salad. terus juga ga lupa menjaga pola istirahat yang bener.

3. Ka emang kalo dance ada program physical training yah? itu kayak apa sih physical trainingya? emang bener yah kalo physical trainingnya capek banget? – gabytrivani

Iya, pasti ada. dulu aku waktu di Indonesia, physical training seminggu sekali dan itu capek banget. dibuka dengan lari 10-15 putaran, sit-up / push-up 15 kali, terus squat jump 15 kali, dan ditutup dengan stretching selama 5 menit.

4. Ka, kaka suka olahraga renang dan basket yah? lebih suka yang mana? udah berapa lama menekuni renang sama basket? – shintatrivani

Kalo olahraga, aku memang suka renang dan basket. renang sudah kutekuni 9 tahun terakhir,itu sejak awal  masuk SMP. 2 tahun penuh aku belajar semua gaya & teknik, selepas itu lebih banyak mengembangkan sendiri alias otodidak. kalau basket sekitar  7-8 tahun terakhir sih.Berarti dari zaman kelas 2 SMP. Main basket juga sebagai hobby sih, ga sampai ikut klub profesional. begitu juga dengan renang. aku latihan renang itu untuk melatih pernafasan sekaligus building up my stamina.  Dan bagiku, it’s hard to choose between them karena aku suka dua-duanya. jadi olahraga, apalagi basket dan renang itu jadi salah satu caraku melepas stres, selain dance.

5. Via, dance style kamu apa? – etramaharani
Hmmm… kalau dance style, pertama kali belajar dance memang belajarnya J-Pop style. Tapi aku juga suka sama unsur hip-hop dan contemporary dance. Jadinya, ke-3 dance style itu di mix jadi satu, dan jadilah dance style-ku sekarang lebih ke urban style dance. Dance, bagiku adalah caraku mengekspresikan diri sekaligus stress release dari  segala urusan kuliah dan kerjaan lain.

6. Halo ka Via… ka, saat nulis postingan blog, sama saat kaka menulis cerpen atau cerbung feel-nya beda ga? – Kania

kalo dibilang soal feeling antara nulis posting sama cerpen / cerbung, ya kurang lebih sama. yang membedakan itu saat lagi proses editing. karena kalau nulis cerbung, yang lumyan panjang, itu editing & revisinya lama, bisa berkali-kali. banyak yang dibenerin, kayak nge-check apa ada typo atau ngga, tata bahasa, benerin alur, dan sebagainya. Kalau editing blog pasti yang aku perhatiin adalah tata bahasanya, jadi biar yang baca di blogku merasa nyaman untuk baca. Jadi feel memang mungkin ada bedanya, tapi intinya seorang penulis, dimanapun dan dalam format apapun dia menulis, pasti dia ingin memberikan yang terbaik untuk pembacanya.

7. Ka, selain olahraga basket dan renang, ada lagi ga olahraga yang kaka suka? – Vania

Hmmm… selain basket dan renang, dulu waktu SMA ada tuh zaman-zamannya dimana aku jenuh dengan renang dan basket, terus penasaran sama olahraga floorball yang baru diajarkan di sekolah.itu sekitar tahun 2011. floorball itu mirip indoor hockey. Tapi aku dulu ga dibolehin ikut ekskul floorball karena pernah cedera saat main floorball. itu juga salah aku sih, karena nekat main floorball saat masih pake rok seragam sekolah. lari sana-sini bawa tongkat, eh jatuh terus cedera deh. cedera yang aku alamin itu cedera di lutut dan areal pipi. Jadi sejak itu aku ngga boleh ikut floorball lagi. terus juga sempet main badminton, tapi karena aku ga terlalu bisa badminton, terus akhirnya balik ke renang & basket lagi deh.

8. Ka, kaka tipe suaranya apa? ada gak sih challenge saat belajar lagu baru? terus gimana cara kaka ngatasin challenge itu? – gabytrivani

Hmm.. kebetulan aku ikut choir, dan tipe suaraku sopran. biasanya sih challenge-nya pas belajar lagu baru atau lagi nyanyi itu nada rendahnya. aku biasanya kalau nyanyi itu suara tingginya dapet, dan lebih sering ga dapet di suara rendahnya. Alias, suka susah nurunin nada dari nada tinggi ke rendah. Cara aku mengatasi challenge itu adalah latihan. itu kuncinya. jadi aku akan ulang-ulang terus di part yang aku belum bisa sampai “dapet” nadanya.

9. Kaka kan sekarang di Australia, disana masih sempet olahraga gak? kalau dulu di Jakarta, olahraga-nya weekdays atau weekend? – Vania

Hmm… olahraga-nya disini palingan aku stretching, jogging, sama push-up / sit-up. kalo basket aku ga bawa bolanya, dan mau renang? jauh. mesti ke Monash Clayton. Dulu di Jakarta aku weekend basket, renang weekdays + weekend (3 kali seminggu, biasanya Senin, Rabu, Jum’at). weekend buat main basket / badminton.

10. Via, kalo skincare ritual pagi + malem kamu apa sih? terus kalo make-up, suka yang kayak gimana? – etramaharani

Kalau pagi, cukup dengan toner terus pake moisturizer. Kalau malam, tergantung nih, apa sebelumnya aku pakai make-up atau ngga. tapi kalo pake mae-up, hapus dulu pake make-up remover, terus biasanya cuci muka pake facial foam, lanjut pake toner & moisturizer. make-up, terutama daily make-up aku lebih suka make-up yang simple & natural. Jadi sebelum make-up aku harus pake moisturizer dulu. baru sesudah itu ppake BB cream sama lip gloss warna deh.

Gimana? semoga puas yah sama jawaban aku.
aku juga mau say sorry buat yang pertanyaan-nya belum aku jawab.
kalian bisa tanya lewat personal ask box ku di page ask me juga loh.

update : Ini dia, live YouTube version-nya!

Dan maaf banget kalo YouTube version-nya ketunda seminggu…
See you later guys!

Cheers,

8 thoughts on “2nd QnA : Music, Sport and Writing

Leave a Reply

