Poetry

Dear Indonesia…

Dear Indonesia,

Sejauh 5210km dari Jakarta,
Tak pernah kubayangkan
Aku akan meninggalkan Indonesia
untuk pendidikanku.
Menuju sebuah kota dan negara yang baru bagiku.
Ya, aku menempuh pendidikanku
di Melbourne, Australia.

Indonesiaku, negeriku yang amat kaya.
528 juta jiwa, lebih dari 300 etnik dan suku bangsa, 13.500 pulau.
Menjadi satu dari Sabang sampai Merauke,
Berselimutkan Bhinneka Tunggal Ika.

Memang, Indonesia sudah menjadi bagian dari hidupku selama 20 tahun.
Bahkan lidahku juga ikut dimanja oleh makanannya.
Dari soto Padang, nasi goreng, gudeg, ayam kremes, hingga martabak manis..
Membuatku sadar betapa kayanya negeri ini,
Tidak hanya kaya akan etnis dan budaya, tapi juga kulinernya.
Aku juga ikut bangga pada Liliyana Natsir dan Tontowi Ahmad yang berhasil mengharumkan nama bangsa di Olimpiade Rio.

Awalnya aku ingin, tinggal dan menetap di negara lain.
Karena aku lelah melihat intoleransi dan pertengkaran atas dasar perbedaan.
Perbedaan budaya, agama, cara berpikir seharusnya tidak menjadi masalah besar.
Karena, setiap orang memilikinya.
Aku dan kamu,
Aku dan teman-temanku,
Bahkan aku dengan keluarga besarku sekalipun…
Memiliki perbedaan.

Namun, hakikatnya..
Perbedaan bukan menjadi alasan untuk bermusuhan dan saling membenci.
Dan seharusnya perbedaan dipandang sebagai sebuah keunikan untuk kita saling hargai.

Aku tidak bisa menjadi biasa
Karena aku memang istimewa.
Bukan hanya aku, tapi juga kamu.
Aku, kamu, dan kita semua
Menjadi istimewa dengan segala keunikan kita.
Sudahkah kamu berbangga dengan Indonesia?
Negara dimana kamu lahir dan dibesarkan?

Aku, yang tinggal di Melbourne sekarang….
Dan sempat ikut ambil bagian dalam choir pada perayaan 17 Agustus di KJRI Melbourne kemarin…
Membuatku bangga menjadi anak Indonesia.

Maka aku bisa bilang,
Indonesia itu aku,
Dan aku itu Indonesia.
Mari berbangga bersama terhadap Indonesia dengan Bhinneka Tunggal Ika-nya.
Oh ya, satu lagi…
Indonesia adalah rumahku,
Dan kesanalah aku akan selalu pulang.


Melbourne, September 22nd, 2016.

Text_divider_long_43

Leave a Reply

