Poetry

Surat Untukmu

Untukmu…
yang sedang membaca surat ini.
Di mana dan apa
yang sedang kamu lakukan sekarang?

Aku yang berusia 20 tahun ini,
menyimpan benih kegelisahan..
yang tak pernah kuungkapkan pada siapapun.

Jika surat ini kutulis dan kutujukan untuk
diriku di masa depan…
Ku yakin aku bisa,
mengungkapkan segalanya dengan jujur.

Sekarang, aku hampir menangis, putus asa,
dan hampir kehilangan jati diri,
Kata-kata siapa yang harus kupercaya
agar aku bisa melangkah kembali?

Hatiku ini hanya ada satu,
dan telah berkali-kali
hancur, pecah dan tercerai berai.
Meski dirundung duka,
Aku terus hidup,
menjalani masa kini.

Dear, terima kasih atas suratnya.
Ada hal yang harus kusampaikan…
kepada kamu yang berusia 20 tahun
Dengan apa dan ke mana gerangan
arah yang harus kau tuju?
Terus tanyakanlah lebih dalam kepada dirimu,
dan kamu akan menemukan jawabannya.

Mengarungi badai di lautan masa muda itu..
adalah sebuah perjuangan keras.
Namun, teruslah berlayar
menuju pantai masa depan
dengan perahu mimpimu.

Sekarang janganlah menangis, janganlah putus asa.
Di saat kamu hampir kehilangan jati diri,
teruslah melangkah dan tetap percaya
pada suara hati nurani.
Aku yang sudah dewasa ini pun,
sering terluka dan menempuh malam terjaga.
Tetapi, dalam manis pahitnya kehidupan
Aku terus hidup, menjalani masa kini.

Segalanya dalam kehidupan ini
memiliki suatu makna.
Janganlah takut,
wujudkanlah impianmu.
Keep on believing.

Aku hampir menangis, putus asa,
dan hampir kehilangan jati diri.
Kata-kata siapa yang harus kupercaya
agar aku bisa melangkah kembali?

Janganlah menangis, janganlah putus asa,
di saat kamu hampir kehilangan jati diri,
teruslah melangkah dan tetap percaya..
pada suara hati nurani.

Di saat apapun,
kamu takkan pernah bisa
menghindari kesedihan.
Tetapi, perlihatkanlah senyumanmu.
Ayo kita jalani masa kini.

Untukmu…
yang sedang membaca surat ini.
Aku selalu berdoa untuk kebahagiaanmu…

Melbourne, September 16th, 2016.

Text_divider_long_43

Leave a Reply

