Random Thoughts

The Gift of ‘Me-Time’

Kehidupan kita sangatlah berwarna-warni. Selalu saja ada hal yang dilakukan setiap saat. Our lives are so busy. Kita bertemu banyak orang, dan terkadang harus melakukan hal-hal yang bersifat mendadak. Yes, our lives are full of people and things to do. Our days are chaotic and confusing trying to get it all done. Dan inilah permasalahan yang selalu muncul di dalam fase kehidupan manusia. Seringkali kita merasa kalau waktu itu sangatlah sedikit, sehingga kita merasa kalau waktu itu sangatlah sedikit, sehingga kita merasa segala sesuatu hal yang kita kerjakan tidak akan pernah bisa selesai tepat waktu. Tapi sebenarnya, waktu tidak akan pernah bisa disalahkan, karena waktu tidak akan pernah berhenti berputar. Mereka akan terus berjalan dan sudah tidak dapat diubah lagi, bagaimanapun caranya. Dan kalau kita merasa waktu yang mengubah segala sesuatu yang sudah kita rencanakan, itu bukanlah sesuatu yang benar. Karena sesungguhnya, manusia-lah yang mengubah waktu. Tidak semua orang bisa mengatur segala sesuatu nya dengan baik dan teratur. Bahkan, saking sibuknya, dan terlalu banyak hal yang harus diurus dan dilakukan, sampai-sampai kita lupa dengan diri kita sendiri. We know we need our own personal space. We ache to get away.

Seringkali kita berpikir kalau kita tidak perlu membutuhkan waktu untuk diri kita sendiri. Justru, kita sangatlah membutuhkan waktu tersebut untuk diri kita. It can be more important to be with your ownself than to be with others. Jangan takut dibilang gak gaul, atau gimana, karena ada saat-saat dimana kita memang membutuhkan waktu untuk diri sendiri. It is as important to be in ‘your world’ as to be in ‘the world’. Memang susah. I know it’s hard to take time alone. Sering sekali kita merasa kalau kita hanya membuang-buang waktu saja dan masih banyak kerjaan yang lebih penting dari sekedar merenung semata. There are parts of our lives we would rather not think about, so we keep busy. But the truth is, we need to take time alone. Once you have done this stage, you will realize the importance of spending time with yourself.

When you take time alone, you discover the path that goes deep into yourself. Dimana kita bisa mendengar suara dari dalam hati kita yang berbicara ditengah kesunyian. Dan disaat kita sedang ada masalah ataupun pikiran yang ‘mengganggu’ hari kita, and when you take time alone, you leave the distractions of the day. Dan memasuki sebuah tempat dimana hanya ada dirimu dan jiwamu. This is where the deepest part of who you are awaits you. Saat-saat dimana segala sesuatu yang kamu cintai ‘bermekaran’. Disini pula sebenarnya dimana kesedihan dan kemuraman kita tertanam. The unresolved problems grow. Namun apapun itu, kita harus menghadapi semuanya. Be brave enough and willing to go alone into the garden of yourself. Kita ibaratkan tempat sunyi tersebut seperti taman yang luas yang hanya bisa dimasuki oleh diri kita sendiri. Di taman tersebut, kita akan melihat segala sesuatu keindahan yang ada dan menjadi bagian dari dalam diri kita; bagian yang memperlihatkan seperti apakah kita sebenarnya. Bagaikan bunga-bunga yang ada di taman terseut. Mereka berwarna-warni layaknya kehidupan. Ada yang cerah, ada yang biasa saja. Namun seperti apapun bentuknya, mereka akan tetap menjadi dan selalu menghiasi taman tersebut. Here in the garden, you will have time to work the sacred of oil of your inner life..

Kita bisa membersihkan rumput-rumput liar yang tumbuh begitu banyak di dalam mimpi kita dan memulai untuk membukanya kembali. When you take time alone, you may uncover and face the fears buried long ago. Kita pun tanpa disadari mungkin saja ‘kaget’ ketika melihat dan menyadari sesuatu yang penting ternyata telah kita terlantarkan dan lewatkan begitu saja selama ini. Bunga-bunga kesedihan yang ada di taman akan kita sirami, sehingga mereka bisa tumbuh dengan indahnya dan memperlihatkan ‘sosok’ mereka yang cantik seungguhnya. Kita juga akan memulai untuk membuka jalan untuk masalah-masalah yang ada dan membiarkan cahaya menyinari jalan tersebut. Disaat seperti inilah, suasana hening, kita bisa duduk dan tidak perlu melakukan apa-apa. Just breathe..

Dengan menyendiri, kita akan bisa merasakan kalau kita sekarang sedang bersama bagian dari diri kita yang mungkin saja selama ini selalu kita lupakan. The one who knows what you want.. Not what others want of you. The one who can listen to the voice within you. You will be one with all that you are.. 🙂

Taman ini selalu membukakan pintunya kapanpun kita mau masuk. Walaupun sering kali kita abaikan, sering kali kita tinggal jauh di belakang kehidupan kita. Dan janganlah takut untuk memasuki dan berjalan sendiri kedalam taman tersebut. Perhatikanlah bagian-bagian indah dan pesona dari dalam diri kita yang selama ini tumbuh di taman itu. Cherish the life you have been entrusted with. Tumbuhkan benih-benih harapan dan mimpi yang baru, yang bisa membuat taman tersebut menjadi semakin indah…

Rest and listen to the deep of joyful song of your soul..
Take time alone. Solitude will nourish you..

By taking time alone, we can look the unresolved problems and be in touch with our sadness. By being with all different parts of ourselves, we will grow and become more whole. What we find within ourselves, when we take time alone, is enormous. We can discover who we really are. We look within and see the things that are precious and meaningful to our lives. We realize our hopes and dreams. We find a sense of calm that renews us..

You will be filled not with what you have longed for but with the absence of longing itself.. Solitude will renew you and touch you with peace..
Let’s hope each day will bring you time alone with someone wonderful… you 🙂

Love,

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s