Motivation · Random Thoughts

Procrastination

Procrastination.

Ya, itu hal yang paling sering dilakukan oleh semua manusia. Menunda adalah sesuatu hal yang sudah biasa di lakukan oleh kita semua. Mulai dari hal yang sepele, sampai hal yang besar. Tapi kadang sadar gak, kalau hal yang satu ini sebenanrnya adalah musuh terbesar dalam kehidupan kita?

Kita tahu, banyak yang sadar (pasti ada) kalau menunda itu bukanlah suatu hal yang baik untuk dikerjakan. Tapi kenapa kita masih sering melakukan hal itu? Apakah itu sesuatu yang bisa dibanggakan? Apakah itu sesuatu yang bisa dijadikan contoh? Apakah itu hal yang baik untuk masa depan kita?

Sekarang, coba kita bayangin kalau semua pekerjaan kita tunda, berapa banyak orang yang telah kita rugikan? Jangankan ketika bekerja sama dengan orang lain, disaat kita harus melakukan kegiatan kita sendiri dan kita menundanya, semua jadi berantakan. Memang menunda itu enak untuk di lakukan tapi tanpa kita sadari, kita sendirilah yang telah menghancurkan semuanya. Segala hal yang seharusnya sesuai dengan rencana, semua jadi buyar, berantakan. Yang seharusnya berjalan sesuai rencana KALAU kita mengikuti ‘schedule’ yang sudah dibuat, semua menjadi kacau hanya karena suatu hal simpel: menunda.

Akhir-akhir ini Via disibukkan oleh assignments yang begitu banyak di kampus. Dan kalau lagi kayak gini, jadi inget waktu masa-masa Via masih sering latihan dance. Jujur, sering sekali Via selalu berpikiran, “ah, nanti aja ah ngerjain tugasnya.” atau “ah, nanti aja ah ngelakuin ini. nanti aja ngelakuin itu”. Sampai akhirnya, Via sadar kalau itu sama sekali tidak baik. Banyak alasan supaya kita bisa menunda pekerjaan itu, tapi pada akhirnya, kita menyesal. Dan selama beberapa tahun terakhir Via mendapatkan hikmah dari semua pekerjaan bahwa TIME MANAGEMENT AND DO NOT PROCRASTINATE ANYTHING itu sangatlah penting.

Ya, kita perlu dan harus membuat timeline sendiri untuk segala sesuatu yang terjadi terhadap kita. Kita harus bisa membedakan mana yang harus dilakukan terlebih dulu dan tentu saja TANPA menundanya. Memang pasti untuk memulai itu semua sangatlah berat, karena pasti ada saja hal-hal yang bisa membuat kita membatalkan niat untuk melakukan hal yang seharusnya kita lakukan. Banyak contoh yang bisa kita dapatkan.

Sekarang ini, social networking sites sangatlah ‘terkenal’. Dimana-mana, orang selalu menyempatkan waktu untuk membuka website-webiste yang memang bisa menghubungkan kita dengan orang-orang yang jauh. Memang menyenangkan bukan kalau kita bisa melakukan segala sesuatu dalam satu website tertentu; main games, lihat-lihat foto, memberikan comments, dan masih banyak lagi. Sampai kita tidak sadar dengan perubahan waktu yang begitu cepat. Dan begitu kita sadar dan teringat akan pekerjaan yang seharusnya terlebih dulu dilakukan dibandingkan membuka sesuatu yang sifat kepentingannya ‘dibawah’ pekerjaan kita, kita langsung dihantui oleh rasa malas. Bahkan untuk memulai saja tidak ada niat. Dan lagi-lagi, menunda. Sampai akhirnya tertunda untuk waktu yang sekian lama.

Namun apa yang terjadi? Ya. Semua jadi kacau. Yang tadinya kita bisa tenang, menjadi panik karena belum menyelesaikan tugas itu, yang tadinya kita mempunyai waktu banyak untuk beristirahat, menjadi berkurang. Dan akhirnya, kita mencari-cari alasan agar diberikan perpanjangan waktu. Bukankah itu hal yang tidak baik? Hehe. Via juga pernah menunda sesuatu dan akhirnya Via sadar bahwa itu sesuatu yang sangat harus dijauhi. Dan benar, ketika Via harus melakukan dua pekerjaan dalam waktu yang bersamaan dan keduanya bersifat sangat penting, Via disadari oleh yang namanya Time Management. Dimana Via sudah harus ‘men-set’ semua kegiatan Icha sedemikian rupa sehingga semuanya tidak terbengkalai.

Memang berat, ketika Via harus membagi waktu Via, memanfaatkan waktu yang ada untuk mengerjakan tugas disela-sela latihan dance, tapi apa yang bisa Via dapatkan dari kejadian itu? Banyak sekali. Via bisa mengumpulkan tugas dengan tepat waktu, Via juga tidak terburu-buru dan panik akan waktu, Via juga bisa meng-organize segala sesuatu dengan baik. Dan pada akhirnya, hal itu tidak hanya untuk masalah tugas, tapi berlaku untuk semuanya. Sehingga Puji Tuhan, sekarang Via menjadi orang yang bisa meng-organize segala sesuatu dengan baik, dan bisa membedakan mana yang harus Via lakukan terlebih dahulu.

Sekarang, hidup itu adalah pilihan. Dimana ada saat kita di hadapi dengan pilihan yang sangat sulit. Tetapi, kita sebagai manusia seharusnya tahu mana yang terbaik untuk kita. Memang tidak mudah, tapi kalau kita mau terus berusaha dan tidak menyerah, puji tuhan banyak hikmah yang kita dapatkan. Banyak keuntungan yang bisa kita banggakan, untuk diri sendiri dan juga untuk orang lain. πŸ™‚

Kalian tahu mana yang baik dan mana yang buruk. Mulailah untuk bisa membedakan segala sesuatu agar penundaan itu tidak terjadi. Jangan takut kalau kalian dibilang tidak bersahabat dengan yang lain, atau segala macamnya, karena ini untuk kebaikan kalian. Ketika kamu sudah melewati itu semua, kamulah yang akan menjadi bangga pada diri kita sendiri πŸ™‚

The sooner you fall behind, the more time you have to catch up. You may delay, but time will not. Don’t fool yourself that important things can be put off till tomorrow, they can be put off forever, or not at all. The best way to get something done is to begin. πŸ™‚

 

Text_divider_long_43

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s