Activities · Projects

#PembahasanNovel

Halo! selamat datang di #PembahasanNovel yang pertama..

Hari ini aku mau bahas novel My Sister’s Keeper by Jodi Picoult.
Novel ini bercerita tentang Anna, gadis yg dilahirkan ke dunia untuk menjadi donor bagi Kate, kakaknya yg punya penyakit leukemia sejak kecil. Dari kecil Anna menjalani puluhan suntikan,donor, dan pengobatan agar Kate bisa bertahan hidup. Tapi saat dia diminta untuk donorkan ginjalnya untuk Kate, dia menolak. Dari situlah dia berjuang untuk mendapat hak kebebasan medis atas tubuhnya sendiri, walaupun harus menggugat orangtuanya sendiri di pengadilan.

Part yg menarik dari novel ini adalah bagaimana Anna berjuang mati – matian ( bahkan sampai ke pengadilan) demi mendapat hak kebebasan medis atas tubuhnya sendiri. Selain itu, part dimana Kate ngeliat album foto keluarga mereka dan minta maaf ke Jesse adiknya sambil melihat foto Jesse, karena disleksia yg dialami Jesse jadi ga diobati gara-gara orangtua mereka lebih fokus ke pengobatan Kate menyentuh… banget. 2 part diatas adalah part favorit aku dari novel ini…

Dan mungkin kalian udah tau ttg novel ini dari filmnya, karena buku ini diadaptasi jadi film yg berjudul sama di tahun 2009. Tapi kalau aku pribadi sih lebih suka novelnya dari pada versi filmnya karena ending di buku ama film beda. Kl di filmnya, endingnya Kate meninggal setelah berjuang melawan penyakitnya. Tapi kl ending versi bukunya, akhirnya Anna meninggal karena kecelakaan dan ginjalnya didonorkan ke Kate sehingga Kate tetap hidup.

Kalo soal ending, aku lebih pilih ending versi buku, karena akhirnya, setelah Kate dapet donor ginjal dari Anna, dia bener-bener sembuh dan bisa hidup normal lagi.

Menurut aku, novel ini recommended banget. kekompakan & persaudaraan di keluarganya Anna, Jesse & Kate dalam novel ini kuat banget. terus ngajarin kita bagaimana pun situasinya, keluarga tetep nomer 1.

see you later!

flower text divider

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s